SENSOR-SENSOR EFI ( ELECTRONIC FUEL
INJECTION )

PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
DISUSUN OLEH
TEGUH WIDODO
KELAS / XII TKR 4
NIS : 6033
PEMERINTAH KABUPATEN
SRAGEN
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 2 SRAGEN
Alamat, Jl Dr.Sutomo,
No.4 Sragen.
Telp Fax : 0271 891316,
Sragen 57212
LEMBAR PENGESAHAN
Makalah
OTOMOTIF “SENSOR EFI” ( Electronic Fuel Injection ), ini telah disetujui oleh
guru pembimbing mata pelajaran PLKR pada
Hari :
Tanggal :
Sragen, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,2016
|
|
Pembimbing
|
Penyusun
|
|
|
|
|
|
|
Yulianto, S.Pd, M.Pd
|
Teguh Widodo
|
NIP : 19750702 200501
1 004
|
NIS : 6033
|
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahirobbilalamin,
segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam atas segala berkat, rahmat,
taufik, serta hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Makalah
tentang review perangkat yang termasuk rangkain kombinasional atau
sekuensial.
Dalam
penyusunan Makalah ini, penyusun memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak,
dan setelah saya menyelesaikan tugas. Penyusun
mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu
guru
yang telah memberikan bimbingan dan arahan sehingga penyusun dapat
menyelesaikan Makalah ini, dan teman-teman Smk Negeri 2 Sragen yang
selalu berdoa dan memberikan motivasi kepada penyusun.
Penyusun menyadari bahwa Makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar Makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penyusun berharap Makalah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya dan pada penyusun pada khusunya.
Penyusun menyadari bahwa Makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar Makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penyusun berharap Makalah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya dan pada penyusun pada khusunya.
|
DAFTAR ISI
Lembar pengesahan
ii
Kata pengantar
iii
Daftar isi
iv
Motto v
Bab I Pendahuluan
A
Latar belakang................................................................................................ 1
B
Pembatasan masalah....................................................................................... 2
C
Manfaat pembuatan makalah......................................................................... 2
D
Tujuan pemnuatan makalah............................................................................ 2
Bab II Pembahasan
A
Macam-macam Sistem Efi............................................................................. 3
1. Sistem D-EFI (Manifold Pressure Control Type)......................... 3
2.
Sistem
L-EFIDalam Sistem L-EFI................................................ 4
3.
Susunan Sisten EFI....................................................................... 4
B
Nama-nama Sensor pada Sistem Efi.............................................................. 6
1.
Map Sensor.................................................................................... .... 7
2.
TPS atau Trhottle Posision Sensor................................................ .... 7
3.
CKP Sensor................................................................................... .... 8
4.
Chamshaft Sensor......................................................................... .... 8
5.
ISC atau Idle Speed Control Valve.............................................. .... 9
6.
IAT (Intake Air Temperatur) atau Sensor Udara Masuk................... 9
7.
ECT atau Engine coolant Temperatur........................................... .... 10
8.
Sensor Knock................................................................................ .... 10
9.
Vacuum switching Valve (EVAP) atau VSV............................... .... 11
10. Oxygen Sensor.............................................................................. .... 11
11. OCV atau Oil Control Valve........................................................ .... 12
Bab III Penutup
A
Kesimpulan.................................................................................................... 13
B
Saran.............................................................................................................. 13
Daftar pustaka 14
MOTTO
1.
Pendidikan adalah alat yang paling ampuh yang dapat
digunakan untuk mengubah dunia
2.
Pendidikan bukan merupakan sesuatu yang diterima,
melainkan sesuatu yang didapatkan
3.
Mau jadi anak pintar? ayo rajin belajar
4. Jadilah diri sendiri dan jangan
menjadi orang lain, walaupun dia terlihat lebih baik dari kita
BAB I
PENDAHULUAN
A LATAR BELAKANG
Karburator
adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk
sebuah mesin pembakaran dalam.
Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan
dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama
János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick
William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang
pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896
Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar
bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan
merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution).
Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga
yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka
menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka.
Kali
ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada
tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang
otomotif.Karburator umum digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin sampai
akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil,
penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena
lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan
bakar.Injeksi bahan bakar atau EFI (Electronic Fuel Injection )adalah sistem
injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. Sistem ini merupakan
salah satu jenis sistem bahan bakar pada motor bensin.Penggunaan injeksi bahan
bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan
karburator. Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan
bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi
bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya.
Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem
elektronik.Sistem elektronik modern menggunakan banyaksensor untuk memonitor
kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic
control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh
karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan
mengurangi polusi,
dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih. Dizaman sekarang banyak orang
yang kurang mengerti tentang perbedaan sistem karburator dan sistem EFI
(Electronic Fuel Injection) dan kebanyakan orang mengabaikan perbedaan itu
mereka tidak tahu bahwa sisitem EFI lebih irit bahan bakar dari pada sistem
karburator.
B PEMBATASAN
MASALAH
1. Apa yang dimaksud
dengan sistem
EFI ?
2. Apa saja komponen
– komponen pada sistem EFI?
3. Bagaimanamerawat
komponen – komponen pada sistem EFI ?
4. Dimanakah letak-letak sensor-sensor EFI ?
C MANFAAT PEMBUATAN
MAKALAH
·
Diharapkan dari penulisan makalah
mengenai sistem bahan bakar ini dapat memberi
manfaat sebagai berikut.
·
Memudahkan transfer pengetahuan tentang sistem
EFI kepada peserta
didik.
·
Memudahkan para pembaca untuk mendapatkan
informasi tentang sistem EFI.
·
Membantu peserta didik untuk
memahami sistem EFI secara sederhana.
·
Memudahkan peserta didik untuk mengetahui
letak Sensor-sensor EFI.
D TUJUAN PEMBUATAN
MAKALAH
1. Mengetahui apa yang
dimaksud dengan sistem EFI.
2. Mengetahui
berbagai komponen – komponen sistem EFI.
3. Mengetahui cara merawat komponen
– komponen
sistem
EFI.
4. Mengetahui letak-letak
dari sensor-sensor EFI tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A
MACAM MACAM SISTEM EFI
Sistem
EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang dihisap dan untuk megontrol
penginjeksian baan bakar yang sesuai. Besarnya udara yang dihisap siukur
langsung dengan tekanan udara dalam intake manifold (D-EFI sistem) atau dengan
airflow meter pada sistem L-EFI.
1.
Sistem D-EFI (Manifold
Pressure Control Type)
Sistem D-EFI Mengukur
Tekanan udara dalam intake manifold dan kemudian melakukan perhitungan umlah
udara yang masuk.Tetapi karena tekanan udara dan jumlah dalam intake manifold
tidak dalam konvensi yang tepat,sistem D-EFI tidak begitu akurat dibandingkan
dengan sistem L-EFI

2. Sistem
L-EFIDalam Sistem L-EFI,
airflow
meter langsung mengukur jumlah udara yang
mengalir melalui intake manifold. Airflow meter mengukur jumlah udara dengan
sangat akurat, aiatem L-EFI dapat mengontrol penginjeksian bahan bakar lebih
tepat dibandingkan sistem D-EFI.

3. SUSUSNAN
DASAR SISTEM EFI
Sistem EFI dapat dibagi
menjadi 3 sistem fungsional yaitu: sistem bahan bakar(fuel system), sistem
induksi udara( air induction system), dan sistem pengontrol elektronik
(electronic control system). Sistem EFI terdiri dari sistem injeksi bahan
bakar(fuel injection system) dan sistem koreksi injekdi ( injection corrective
system).

SISTEM BAHAN BAKAR
Bahan
bakar dihisap dari tangki oleh pompa bahan bakar yang dikirim dengan tekanan ke
saringan bahan bakar yang tela disaring dikirim ke injektor dan cold starter
injetor.
Tekanan dalam saluran
bahan bakar(fuel line)dikontrol oleh preassure regulator.kelebihan bahan bakar
dialirkan kembali ketangki melalui return line.getaran pada baan bakar yang
disebabkan oleh adanya penginjeksian diredam oleh pulsation damper.
Bahan bakar
diinjeksikan oleh injektor kedalam intake manifold sesuai dengan injection
signal dari EFI komputer.Cold star injector menginjeksikan bahan bakar langsung
ke air intake chamber saat cuaca dingin sehingga mesin dapat dihidupkan dengan
mudah.
SISTEM INDUKSI UDARA(AIR
INDUCTION SISTEM)
Udara
bersih dari saringan udara (air cleaner)masuk ke airflow meter dengan membuka
measuring plate,besarnya pembukaan ini tergantung pada kecepatan aliran udara
yang masuk ke intake chamber.besarnya udara yang masuk kintake chamber
ditentukan oleh lebarnya katup throttle terbuka.Aliran udara masuk ke intake
manifold kemudian keruang bakar(combustion chamber)bila mesin dalam keadaan
dingin,air valve megalirkan udara langsung keintake camber dengan membypass
throttle.Air valve mengirimkan udara secukupnya keintake chamber untuk menambah
putaran sampai fast idle,tanpa memperhatikan apakah throttle dalam keadaan
membuka atau tertutup.Jumlah udara yang masuk dideteksi oleh airflow meter
(L-EFI) atau dengan manifold preassure sensor(D-EFI)
B Nama-nama Sensor Pada
Sistem EFI
Mengetahui nama-nama
sensor dan letak atau posisi sensor pada mesin Avanza, Xenia, Terios dan Rush.
Keempat kendaraan ini menggunakan basic mesin sama berbeda cc dan sistem
injeksi yang sama yaitu injeksi tipe D.
Berikut adalah komponen sistem EFI atau nama-nama sensor dan aktuator pada mobil Avanza, Xenia, Terios dan Rush.
Berikut adalah komponen sistem EFI atau nama-nama sensor dan aktuator pada mobil Avanza, Xenia, Terios dan Rush.
1.
MAP Sensor
MAP sensor terletak di
rumah filter udara, memiliki tiga kabel yang berfungsi untuk mendeteksi
kevacuuman pada intake manifold atau camber.
2.
TPS atau Trhottle Posisition Sensor
TPS atau throttle
posisition sensor terletak di trhottle body atau katup gas, berfugsi untuk
mengetahui berapa persen katup gas (throttle valve) dibuka atau seberapa lebar
katup gas terbuka saat pedal gas diinjak.

3.
CKP Sensor
CKP sensor atau
crankshaft posisition sensor terletak di bagian depan mesin bagian bahwa untuk
mendeteksi posisi TOP silinder.

4.
Camshaft Sensor
Camshaft sensor berfungsi untuk mendeteksi
posisi camshaft.

5.
ISC atau Idle Speed Control Valve
ISC termasuk aktuator,
sesuai dengan namanya ISC valve adalah adalah sparepart atau komponen yang
berfungsi untuk mengatur putaran mesin saat idel atau stationer.

6.
IAT (Intake Air Temperatur) atau Sensor Udara
Masuk
Sensor tempertaur
udara masuk berada di filter udara yang berfungsi untuk mendeteksi berapa
derajat celcius suhu udara yang masuk di ruang filter udara sebelum kemesin.

7.
ECT atau Engine Coolant Temperatur
ECT atau sensor cairan
pendingin mesin yang bertugas memberi sinyal untuk menghidupkan kipas radiator
saat mesin sudah panas.

8.
Sensor Knock
Sensor ini berfungsi
untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin. Knock sensor terbuat dari
piezo electric element yang menghasilkan tegangan saat piezo electric element-nya
berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block silinder vibrasi yang
disebabkan karena terjadinya knocking.

9.
Vacum Switching Valve (EVAP) atau VSV
VSV bukanlah sensor
tetapi aktuator, fungsi katup VSV (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap
bensin dan tangki melalui caharcoal canister, uap bensin dari tanki tersebut
akan ikut terbakar didalam mesin. Katup VSV biasanya bekerja steleah kondisi
mesin sudah panas.

10. Oxygen Sensor
O2 sensor adalah
sensor gas buang, sensor oksigen berfungsi untuk mendeteksi oksigen didalam gas
buang hasil pembakaran mesin, oksigen sensor terletak di knalpot atau exhaus
manifold.

11. OCV atau Oil Control
Valve
OCV termasuk aktuator yang berfungsi untuk
mengatur oli mesin yang masuk VVT-i

BAB III
PENUTUP
A
KESIMPULAN
Makalah ini dapat disimpulkan bahwa sistem
bahan bakar EFI pada mesin bensin merupakan komponen yang sangat sensitif yang
terdiri dari berbagai macam komponen elektronik, karena komponen tersebut di
kontrol oleh ECU sehingga mesin mendapat suplai campuran bahan bakar dengan
udara yang lebih presisi dan lebih irit bahan bakar sehingga mesin dapat
pembakaran yang sempurna dan emisi gas buangnya menjadi rendah.
B
SARAN
Dengan makalah ini
penulis menyarankan pembaca, ketika terjadi masalah
pada sistem
bahan bakar EFI seharusnya dapat mengetahui bagian-bagian dari sistem
bahan bakarEFItersebut, yang dapat
berguna dalam perawatan agar sistem bahan bakar EFI
mobil dapat mempuyai usia yang lebih lama.
DAFTAR PUSTAKA
http://dioharendapriesta.blogspot.co.id/2015/04/makalah-sistem-efi.html
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.25 WIB
http://autodesign-automotive.blogspot.co.id/2012/03/contoh-makalah-efi.html
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.30 WIB
http://hendrikosetiawan.blogspot.co.id/2015/03/makalah-tugas-mikroprosesor-nama.html
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.40 WIB
http://www.viarohidinthea.com/2014/10/electronic-fuel-injection-efi-pada-mobil.html
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.45 WIB
https://erderere.wordpress.com/2015/03/21/contoh-makalah-sistem-efi-pada-mobil/
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.50 WIB
http://meisterotomotif.blogspot.co.id/2015/09/nama-sensor-pada-mobil-avanza-xenia.html
Jum’at, 26 Agustus 2016 jam 14.55 WIB
gambar nya tolong di upload ulang dong , gk kelihatan soalnya :)
BalasHapusBengkel mobil matic terpercaya
BalasHapus